Laman

Selasa, 04 November 2014

Nasibku ada di negri orang

Posted: November 6, 2014  in Uncategorized 

 
 ku lewati hari demi hari..
di dalam jurang penderitaan
pukulan , hinaan …
tak jarang ku rasakan
tapi apalah daya ini
tiada ilmu
yang menjadi penolong
lembaran nasibku
kini baru kusadari
ilmu memang berarti
sebagai pelengkap diri
sekarang baru tumbuh rasa penyesalan
kesempatan memang tak ada yang kedua
sudah habis kesenangan ku
hilang sudah kenangan kenangan
menyesalnya diri ini
harus mengadu nasib
di negeri orang
hanya untuk sesuap nasi
hatiku pun ingin menangis
jauh dari dekapan keluarga
jauh dari ke ceriaan dunia
oleh :Roby darak telenggen

Puisi Kehidupan - Sepenggal Derita

Ditulis : Oleh Roby telenggen yogya 6 november 2014

kumpulan cerpen dan puisi terpopuler indonesia 

 

SEPENGGAL DERITA

Dalam kehidupan 
Beribu derita melanda
Semuanya hanya membuatku luka
Luka yang mungkin tiada hentinya

Meratap, mengiris, menjerit, menangis
Tiada yang dapat aku tangkis
Sedan meremukkan badan hingga bengis
Tangis meluruhkannya hingga habis

Apa yang dapat aku lakukan
Hanya berserah dan selalu bersabar
Karna ku tahu hanya taqwa pada-Nya
Jalanku kan seterang mentari-Nya

Menjerit bukanlah jawaban
Menangis bukan pula pintaan
Hanya do'a yang menjadi pedoman
Agar yang Kuasa selalu dalam ingatan

Takkan kusesali nasibku ini
Tapi kubiarkan jadi saksi bisu
Akan datang bahagia dihati
Dalam sepenggal deritaku.

Di kolong-kolong jembatan aku..
Bersenandung mengharap belas kasihmu..
Pandanganku yang kian hampa..
Sesuap nasi pun tak kunjung tiba..

Melihat mu aku tak peduli..
Bukan wakil rakyat tikus berdasi..
 
Aku memang mlarat..
Bukan seperti tikus keparat.. 
Yang doyan uang rakyat..
Haus harta bak lintah darat..
 
Masih terdengar jeritan dan tangisan.. 
Dari anak kolong jembatan..
Kau butakan matamu..
Kau tulikan telingamu..
 
Takut kehilangan harta itu sifatmu..
Takut kehilangan kehormatan pun sifatmu..
Kau lebih rela korbankan rakyat..
Hanya demi se onggok martabat..
 
Kau picik..
Kau pun licik..
 
Di kolong jembatan aku..
Di jalanan kukais keberuntunganku..
 
Kau tak datang aku bangga..
Tak mengenal mu pun aku lega..

PERBEDAAN YANG ADA PADA MANUSIA

 PERBEDAAN YANG ADA


Pada dasarnya manusia itu sama


Kau dan aku sama-sama insan yg tak luput dari salah dan dosa


Namun inilah perbedaan yang ada pada diri kita


Kau berdasi, ak bernyanyi


Kau berpendidikan, aku anak jalanan


Ka bermewah-mewahan dengan harta yang kau punya


Aku berkawan dengan seisi jagad raya


Kau bekerja untuk memperkaya diri


Aku bekerja untuk hidup lebih berarti


Kau manusia penuh rasa kurang


Aku manusia dengan apa yang ku punya, ak cukup senang


Namun perbedaan yang ada


Kau hidup untuk harta


Dan harta ada untuk hidup saya...

 

 


APAKAH AKU HIDUP ?


APAKAH AKU HIDUP ?

Setiap hari-hariku selalu disibukkan dengan kepentingan dunia

Aku bekerja untuk menghidupi diri dan bersenang senang dengan apa yang aku suka

Aku sekolah hanya untuk menutupi dan menyamarkan kebodohanku semata

Aku menuntut ilmu hanya untuk menipu dan meninggikan diriku

Mencari hiburan dan berfoya-foya semata hanya untuk menuruti hawa nafsuku

Aku tertawa dan bernyanyi hanya untuk menutupi kepedihan hati ini

Hari demi hari selalu berlalu seperti itu

Tiada aku temukan ketenangan hati dan ketentraman jiwa

Serasa hidupku hanya sebatas sandiwara

Dimana aku seorang aktor yang harus menangis saat terluka dan tertawa saat bahagia

Dan ketika tiba disuatu masa,

Dimana ak mengalami keterpurukan dan terjebak dalam kegelapan dunia

Disitu ku temukan setitik cahaya dimana ak harus bangkit dan berdiri untuk hidup yang sesungguhnya

Dan kini ku mengerti akan semua

Bahwasanya hidup bukan sebatas sandiwara

Dimana kita bisa menangis,bercinta,dan berpura-pura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar